Random Post

SWA GRIPPA Adalah Organisasi Pencinta Alam Yg. Mempunyai Jiwa Kemandirian Dan Peduli Terhadap Sosial Kemasyarakatan Juga Lingkungan

About The Author

Selamat Datang Di Blog Keluarga Besar Pencinta Alam SWA GRIPPA
SWA GRIPPA LOGO, SWA GRIPPA LOGO KBPSG, KBPSG Gondrong Grippa, Gondrong Grippa Herry Alam, Dewan Pembina Grippa Grippa Bunglon Hideung, Angkata Pertama Gua Pawon, Gua Pawon Angkatan Halimun Sayang Kaak, Halimun Sayang Kaak Boy,Gol,Lan, Instruktur Handal Grippa Halimun Sayang Kaak Gollert Grippa, Gollert Grippa Grippa Style, Grippa Style Light Grippa, Light Grippa

WARTA BERITA

« »
« »
« »
Get this widget

Musikku

Rabu, 29 Mei 2013

Peralatan Panjat Tebing







Peralatan Panjat Tebing atau Alat yang digunakan dalam Aktifitas Rock Climbing saat ini sudah berkembang pesat baik dari sisi Kualitas maupun dari segi kuantitas, perkembangan itu dapat dilihat dari maraknya Galery atau Tokoh yang menjual berbagai macam peralatan Adventure yang tentunya didalamnya terdapat juga Peralatan Panjat Tebing. Membeludaknya Peralatan Panjat Tebing tersebut memberikan dampak secara langsung terhadap perkembangan kegiatan Kepecinta Alaman di indonesia.










Peralatan Panjat Tebing  yang biasanya digunakan secara umum dalam Aktiftas Rock Climbing dibagi dalam dua, yakni :
1. Peralatan Non Logam 
    Peralatan Non Logam umumnya terbuat dari bahan serat Sintesis seperti : Nylon 6, Spectra
    Misalnya : Harnes, Sling, Flootloop, Chalkbag, Protektor.
2. Peralatan Logam
    Peralatan Logam ini dibagi lagi berdasarkan bahan Bakunya, yaitu :
  • Peralatan yang dibuat dari besi basa, seperti Piton Mailon Rapide
  • Peralatan yang terbuat dari Logam campuran seperti Aluminium Alloy. Misalnya Carbiner, Pulay

Umumnya Peralatan Umum yang digunakan Sebagai Peralatan Pribadi , Yakni Harnes, SRT set, Head Lamp dan peralatan Tali Temali (Karmantel dan webing), Beberapa Peralatan Panjat Tebing yang dibagi Menurut fungsinya Yakni :
  • Tali Karmantel berfungsi untuk melindungi pendaki dari kemungkinan Jatuh sampai menyentuh atanah atau biasanya disebut Freefall. Karmantel dibagi dalam beberapa jenis, seperti :(Tali serat alam, Hawser laid, Core dan Sheat Rope). Karmantel juga dibedakan menjadi dua bagian dilihat dari bahannya, seperti Karmantel elastis dan Dinamis.


  • Harnes berfungsi sebagai pengaman  tubuh dan mengurangi rasa sakit saat hendak memanjat dibandingkan dengan menggunakan Harnes Buat seperti Webing dll. Harnes dibagi menjadi beberapa jenis, seperti Harnes Full Body, Seat Harnes dan Harnes Webing.


  • Calkbag dan Magnesium berfungsi sebagai temapt penyimpanan Mangnesium, sedangkan mangnesium berfungsi sebgai perekat atau biasanya disebut Tepung anti keringat , dimana digunakan sebelum memenjat agar tangan tidak keringat saat memanjat.


  • Shoes/Sepatu berfungsi sebagai alas kaki dan pengaman saat memanjat agar kaki tidak sakit saat menginjak atau berpijak pada point atau dinding yang tajam atau licin.


  • Carbiner / Cinci Kait, Berfungsi sebagi alat yang menghubungkan peralatan yang satu dengan peralatn yang lainya, sehingga sewaktu dilepas akan lebih memudahkan, Carbiner ini dibagi dalam beberapa bentuk, seperti Carbiner Oval, Delta, Screw (Ulir), Non Screw dan Otomatis.


  • Mailon Rapid, adalah sebuah carbiner fungsinya sama dengan Carbiner Umum lainya, hanya Carbiner ini biasanya digunakan dalam kegiatan penelusuran Gua, Alat ini terbuat dari Aluminium Alloy, dibagi berdasarkan bentuknya, yakni : Oval, Delta dan Half Moon / Semi Circular.

  • Ascender , merupakan peralatan mekanik yang digunakan sebagai alat untuk Menaiki suatu lintasan tali, serta dapat juga digunakan selain Menaiki lintasan dalam kondisi tertentu. Peralatn ini di bagi menjadi 2 bagian, yakni , Menurut Peganganya : Heandle Ascender ( SRT, Petzl Expedition dan Ascention)  dan Non Heandle Ascender ( Petzl Basic, Croll, Gibbs Shunt).Menurut Prinsip Kerja Gigi/Camnya :Sprung Cam (Petz Basic dan Croll) dan Cam Loaded (Gibbs Shunt dan Hiebler).
  • Descender meruapak peralatan yang digunakan untuk menuruni tali. Cara menuruni tali tersebut biasanya disebut descendering atau Abseiling Rappeling. Yang berfungsi menaha laju alat dengan tali. Descender dibagi menjadi Dua macam berdasarkan cara kerjanya , yakni Bekerja Automatis seperti, Autstp, Ewis dan Bekerja Manual.


Peralatan Panjat Tebing diatas hanyalah sebagian saja, yang biasa atau umum digunakan dalam Panjat Tebing atau Rock Climbing. jika melihat dari Sejarah Rock Climbing tentunya Peralatan Panjat Tebing pun juga semakin banyak dan semakin Modern.






                          
Lert 027

Sumber : Grippa Doc.
              Tupai Climbers Mapala Teknisi UNM




Tidak ada komentar:

Posting Komentar